Menolak Bertutup Kepala di India, Michelle Berjilbab di Indonesia

Jumat, 12 November 2010 Label:
bu negara AS, Michelle Obama, mengenakan kerudung mutif warna beige kombinasi hijau toska saat berkunjung ke Masjid Istiqlal. Keputusan ini — mengenakan kerudung — dipuji banyak pihak sebagai bentuk putusan yang tepat. “Ini menjadi pertanda upaya Obama untuk menunjukkan penghormatan bagi dunia Islam,” tulis kantor berita Reuters.
Michelle pada kesempatan itu mengenakan kerudung bujur sangkar, lazim disebut jilbab di Indonesia. Kerudung itu berhias manik-manik warna emas, dipadankan dengan stelan warna hijau pupus yang dikenakannya.
Media menyoroti, Michelle betul-betul menyesuaikan gaya berbusana dengan publik Indonesia yang merupakan negara Muslim terbesar di dunia. Saat pertama kali tiba, dia mengenakan tunik selutut lengan panjang dengan dilengkapi celana panjang. Biasanya, Michelle memilih untuk mengenakan rok selutut bila mendampingi suaminya dalam acara resmi.
Reuters juga menyebut aturan Secret Service banyak “dilanggar” pasangan ini. Sebelumnya, saat berkunjung ke India, agenda acara kunjungan ke Kuil suci kaum Sikh, Golden Temple dibatalkan. Pembatalan itu dilakukan karena ada aturan harus mengenakan surban bagi siapa saja yang hendak memasuki kuil, tak terkecuali Obama. “Surban mengasosiasikan pada Muslim, dan para ajudan Obama tak menyetujuinya,” ujar seorang pejabat India yang menjadi nara sumber anonim.
 Menolak Bertutup Kepala di India, Michelle Berjilbab di IndonesiaDalam kunjungan ke masjid Istiqlal, Obama dan Michelle dengan takzim mengikuti penjelasan Imam masjid Ali Mustafa Yakub. Kepada Ali, Obama mengaku terkesan dengan kerukunan umat beragama di Indonesia. Keberadaaan Istiqlal dan Gereja Katedral, kata Obama, merupakan contoh kerukunan beragama di Indonesia.
“Beliau langsung komentari dan bicara tadi itu. Tadi bicara bahwa ini contoh kerja sama yang baik di Indonesia antara gereja dan Masjid Istiqlal,” kata Ali setelah melepas kepergian Obama. Ali menjelaskan kepada Obama bahwa Istiqlal bekerja sama dengan Katedral ketika perayaan Natal, di mana pengunjung Katedral bisa parkir di Istiqlal.
Bagi Michelle, kunjungan ke Indonesia adalah kali pertama. Media asing juga menyoroti jabat tangan Michelle dengan Menkominfo Tifatul Sembiring. “Menteri asal partai politik Islam PKS ini sebelumnya tak pernah mau bersalaman dengan lawan jenis,” tulis Reuters.

0 comment:

Posting Komentar

Label

Agama (3) Aneh (19) Hebat (17) Lain2 (16) PB (4) Rubik (3) Serba Angka (23) Software (8) Tips Blog (11)

Followers

 
Pandjie Blog © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates