Ernő Rubik , Penemu Rubik's Cube

Jumat, 17 September 2010 Label:
Ernő Rubik, lahir pada tanggal 13 Juli 1944, di Budapest adalah seorang penemu, pematung dan profesor arsitektur dari Hungaria. Ia terkenal dengan penemuan teka-teki mekanis seperti Rubik's Cube, Rubik's Magic, Rubik's Snake dan Rubik's 360.

Ayahnya adalah seorang insinyur penerbangan di pabrik pesawat Esztergom, dan ibunya seorang penyair. Dia lulus dari Universitas Teknik, Budapest (Műszaki Egyetem) pada tahun 1967 sebagai seorang insinyur arsitektur dan mulai studi pascasarjana di bidang mematung interior dan arsitektur. 

Pada pertengahan tahun 1970-an, Ernő Rubik bekerja di Departemen Desain Interior di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest. Dia berusaha untuk menemukan alat pengajaran untuk membantu murid-muridnya memahami objek 3D ( tiga dimensi ). Rubik menciptakan "Magic Cube" pada tahun 1974 dan mendapatkan paten Hungaria HU170062 untuk Magic Cube pada tahun 1975 tetapi tidak mengambil hak paten internasional. Tes pertama batch produk yang diproduksi pada akhir tahun 1977 dan dirilis ke toko-toko mainan di Budapest. Pada bulan September 1979, kesepakatan telah ditandatangani dengan Ideal Toys untuk membawa Magic Cube ke dunia Barat, dan memulai debut internasional pada pameran mainan di London, Paris, Nuremberg dan New York pada bulan Januari dan Februari 1980.  
  
Mainan tersebut terjual dalam jutaan dan menarik perhatian para ahli matematika dan komunitas akademik. Dan juga dijadikan sebagai arena kompetisi pada tahun 1982, ketika Budapest menjadi tuan rumah kejuaraan dunia pertama ( Minh Thai dari Vietnam menang, memecahkan mainan teka-teki tersebut dalam waktu kurang dari 23 detik). 
 
Pada tahun 1990, Ernő Rubik menjadi Presiden dari Akademi Teknik Hungaria, dan kemudian mendirikan Yayasan Rubik Internasional untuk mendukung para desainer muda berbakat. Kejuaraan Dunia Rubik's Cube diselenggarakan di Budapest 5-7 Oktober 2007, menandai 25 tahun dari kompetisi. Ernő Rubik ada di sana untuk memberikan penghargaan hadiah secara pribadi kepada para pemenang.
 
Ernő Rubik sekarang menikmati masa pensiun, akan tetapi Rubik's Studio akan terus mendesain permainan dan bekerja dengan para desainer muda di Hungaria.

0 comment:

Posting Komentar

Label

Agama (3) Aneh (19) Hebat (17) Lain2 (16) PB (4) Rubik (3) Serba Angka (23) Software (8) Tips Blog (11)

Followers

 
Pandjie Blog © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates